Rabu, 11 Agustus 2010

ANDA ADALAH SEORANG PENGAJAR

Sebuah perenungan tentang mengajar yang penulis kutip dari karya Khalil Gibran:


Tidak ada seorang yang dapat menanamkan pelajaran,sebelum ia sendiri terjaga di fajar pengetahuan.

Seorang guru yang berjalan di antara murid-murid di keteduhan padepokan bukanlah orang yang mampu memindahkan pengetahuan, melainkan hanya sekedar menyemaikan keyakinan dan kasih sayang.

Bagi orang yang berilmu, mereka tidak akan pernah meminta kalian memasuki gudang perbendaharaan itu, melainkan hanya sekedar membimbing ke depan pintu penalaran.

Para astronom mungkin bicara tentang pengertian ruang angkasa, namun ia tidak dapat memindahkan pengertiannya sendiri kepada kalian, melainkan hanya sekedar membuka pintu penalaran.

Begitu pula halnya burung pengetahuan tidak pernah meminjamkan sayapnya pada gagasan orang lain, sebagaimana seorang manusia tegak sendiri di hadapan pengenalan Tuhan. Demikianlah hendaknya kalian masing-masing bangkit sendiri dalam pengetahuan Tuhan dan Makna Semesta.

Makna bagi Para Pengajar (Guru, Orang Tua dan Diri Kita) :

  1. Hendaknya pengajar selalu terjaga di Fajar Pengetahuan. Dirinya terus tersinari dan berada di Fajar Pengetahuan, bahkan terus bersinar dengan pengetahuannya untuk bisa menyinari yang lain.
  1. Seorang pengajar bukanlah orang yang mampu memindahkan pengetahuan, melainkan hanya sekedar menyemaikan keyakinan dan kasih sayang, agar tumbuh benih-benih keyakinan dan kasih sayang.
  1. Para pengajar tidak dapat memindahkan pengertiannya sendiri, melainkan hanya sekedar membimbing sampai ke depan pintu penalaran. Pengetahuan akan terus berkembang seiring dengan berkembangnya alam semesta, oleh karena itu dibutuhkan penalaran-penalaran yang benar dan berkembang, bukanlah hanya sekedar doktrin yang dipaksakan.
  1. Seorang pengajar hanya sekedar membuka pintu-pintu penalaran pengetahuan agar diri kalian bangkit sendiri dalam pengetahuan Tuhan dan Makna Semesta. Hendaknya kita masing-masing bangkit dalam fajar pengetahuan dan mengembangkan pengetahuan dengan penalaran yang lebih berkembang menuju Pengetahuan tengtang Tuhan dan Makna Semesta


Nuryadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar